Belajar Mengenai Kalimat Perintah dan Tanda Baca

09:12:53, 17 Januari 2018 Himawari

MadNews Edisi 14/IX/2017-2018 - Pada minggu ke-15 ini, murid kelas 1 sedang belajar mengenai kalimat perintah dan tanda baca. Pembelajaran ini merupakan kelanjutan dari materi minggu lalu tentang kata ungkapan seperti; pujian, tolong, terima kasih, dan maaf. Pembelajaran mengenai kalimat perintah bertujuan agar murid mampu memahami tentang instruksi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti “Tolong rapihkan meja belajarmu!”. Selain tentang kalimat perintah, pembelajaran mengenai tanda baca berguna agar murid mampu mengenal tanda titik, tanda koma, tanda seru, dan tanda tanya dalam sebuah teks bacaan sederhana.

Pada kegiatan awal, murid kelas 1 mengeksplorasi kalimat perintah dengan beberapa contoh-contoh kalimat perintah. Mereka melakukan permainan dengan memahami instruksi dari kalimat perintah yang diucapkan. Pada kegiatan ini, murid memahami konsep kalimat perintah dan instruksi, serta penggunaan tanda baca yang digunakan dalam kalimat perintah. Pada kegiatan pembelajaran selanjutnya, guru menyediakan beberapa kartu perintah. Selanjutnya, murid menentukan kalimat perintah pada kartu-kartu kalimat yang diberikan, dan menyusunnya menjadi sebuah kalimat perintah.

Murid juga mewawancarai beberapa orang di sekitar sekolah mengenai kalimat perintah dan tanda baca. Di akhir kegiatan, murid mendeskripsikan hasil kegiatannya dan menyertakan contoh kalimat perintah yang mereka susun dengan menggunakan tanda baca yang tepat. Mereka sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dan berkonsentrasi dalam memahami sebuah instruksi. Melalui kegiatan ini murid termotivasi untuk lebih peduli, toleransi, dan empati terhadap orang lain. (Tri Mutia Rahmah)

 

 


Share :