Festival Budaya Agama - Agama 2018

15:34:44, 06 Maret 2018 Himawari

Panggung MPH sudah selesai bersolek. Ia siap menyuguhkan rangkaian pertunjukan menawan, yaitu sebuah orkestra yang mengusung musik dari keberagaman agama-agama dunia. Pertunjukan dimulai dengan masuknya seluruh personel orkestra menuju central stage area. Berselang hitungan detik, para personel memainkan overture sebagai tanda bahwa konser dimulai. Lagu Indonesia Raya dan Hymne Madania pun dimainkan sebagai lagu pertama.

Selanjutnya, tim orkestra mengiringi choir World’s Religions Education (WRE) untuk menyanyikan empat buah lagu secara berurutan, yaitu Sarvesham Svastir Bhavatu (Hindu), Om Mani Padme Hum (Budha), Panis Angelicus (Katholik), dan The Lord Bless and Keep You (Kristen). Tentu saja para murid ini akan menjadi performer main dalam setiap lagu agama-agama yang dianutnya; murid beragama Hindu akan menjadi main performer, demikian juga dengan murid-murid Budha, Katholik, dan Kristen.

Lihat jugaJalin Kerukunan Umat Beragama, Sekolah Madania Gelar Pentas Seni & Pameran - iNews Pagi 02/03/18

Setelah seluruh lagu selesai dinyanyikan, choir WRE bertukar tempat dengan choir Islamic Religion Education (IRE) sehingga menempati posisi blocking. Semua disajikan dengan lembut, memiliki benang merah, serta penuh dengan struktur dramatik. Proses pertukaran tempat ini diiringi oleh Kelompok Rebana/Marawis yang terdiri atas Bapak/Ibu Tenaga kependidikan, Custodian, dan Security. Kelompok ini akan membawakan satu tembang bernuansa Timur Tengah untuk menggiring choir IRE melantunkan Sholawat Badar (Thala’al-Badru ‘Alayna).

Selepas pertunjukan musik budaya Agama Islam, tim orkestra kembali bersiap mengiringi choir WRE dan IRE untuk menyanyikan lagu Negeriku sebagai penutup rangkaian konser. Konten dan falsafah dalam pertunjukan ini adalah murni sebuah performance yang mengusung keindahan seni dan budaya dalam agama-agama.

 


Share :