Jadi Remaja yang Bertanggung Jawab itu Keren, Loh

18:35:55, 11 November 2017 Himawari

Sebagai remaja, kalian sadar ga kalau sekarang kecenderungan para remaja dalam melanggar aturan semakin meningkat? Mulai dari melanggar peraturan di rumah sampai melanggar peraturan di sekolah atau di lingkungan sekitar. Coba kalian ingat-ingat, pernahkah kalian melihat para remaja yang suka merusak sarana umum? Misalnya, mencoret-coret jembatan penyebrangan? Merusak tanaman di taman kota? Membuang sampah sembarangan? Sering bukan? Nah, melanggar peraturan hal yang kalian anggap sepele ternyata jika dibiarkan akan memberikan kerugian yang besar untuk kalian di kemudian hari, loh. Negara juga memiliki aturan yang jika kalian langgar memiliki konsekuensi hukum yang harus kalian terima. Maka dari itu, orang tua dan para guru mendidik kalian agar dapat mentaati peraturan agar kalian menjadi pribadi yang bertanggung jawab di kemudian hari.

Kenapa sih remaja sering melanggar aturan? Karena di masa remaja ini juga sedang terjadi perubahan psikis pada kalian, yaitu kalian akan mengalami perubahan emosi, perasaan yang menjadi lebih sensitif, sehingga kalian menjadi lebih sering berkumpul dengan teman di lingkungan sosial dan sering kali membantah dan melanggar aturan di rumah dan sekolah.

Dalam hal ini, pengaruh keluarga terhadap pembinaan anak sangat besar, selain itu lingkungan sekitar seperti guru dan teman juga dapat mempengaruhi kepribadian kalian. Masalah yang mungkin terjadi di rumah seperti kesibukan orang tua sehingga kalian merasa kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang, ataupun orang tua yang bercerai sehingga membuat kalian bersedih dan kecewa, atau masalah lain di keluarga kalian dapat membuat kalian mencari perhatian dengan cara yang kurang baik atau melampiaskan kekesalan kalian dengan menjadi anak yang suka memberontak dan melanggar peraturan. Ketika kalian merasa memiliki masalah tersebut, kalian harus mencari pertolongan segera, misalnya dengan bercerita kepada guru, konselor atau teman yang dapat kalian percaya.

Memilih teman yang baik juga dapat membantu kalian dalam bertingkah laku. Jika teman-teman dekat kalian memberikan efek negatif sehingga membuat kalian menjadi lebih sering melanggar aturan lebih baik kalian yang mengajak teman kalian untuk menjadi lebih baik dan cari kegiatan yang lebih positif.

Apa saja sih keuntungan ketika kalian mentaati peraturan:

  1.        Dengan mentaati peraturan berarti kalian melatih diri kalian untuk menjadi seorang yang disiplin dan bertanggung jawab.
  2.        Diterima oleh lingkungan dan dinilai positif.
  3.        Kalian menjadi pribadi yang percaya diri.
  4.        Memberikan efek positif terhadap teman-teman yang lain.
  5.        Menjadi kebanggaan orang tua dan guru.
  6.        Terhindar dari hal yang merugikan kalian

Masih banyak lagi loh keuntungan jika kalian mau mentaati peraturan, kalau ada yang bilang kalian keren saat melanggar peraturan, lebih baik kalian pikir-pikir lagi. Keren itu ketika kalian menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri sehingga lingkungan sekitarpun akan merasaan efek positif saat berada dekat dengan kalian, bukan malah sebaliknya, ok? Nikmati masa mudamu dengan cara yang baik, ya! (Rizky Erastia)

 


Share :