Piknik Kami di Kebun Raya Bogor

08:53:05, 09 Januari 2018 Himawari

Libur tengah semester lalu tentunya disambut gembira oleh para guru dan staf akademik Sekolah Madania. Setelah sekitar dua minggu berkutat dengan ujian tengah semester diikuti oleh pengoreksian hasil ujian dan pengolahan nilai, para guru dan staff akademik Madania Secondary memulai liburan pendek ini dengan berpiknik di Kebun Raya Bogor (KRB). Sebagian datang sendiri, namun tak sedikit yang mengajak anggota keluarganya untuk menikmati kebersamaan di paru-paru Kota Hujan ini.

Pukul 08.30, sebagian peserta piknik sudah mulai terlihat menanti teman-teman yang lain di Pintu 1 KRB yang merupakan gerbang utama dari kebun botani yang mempunyai sekitar 15.000 jenis koleksi tumbuhan ini. Kami kemudian menuju ke titik kumpul yang tidak jauh dari  Ecodome, sebuah instalasi urban farming yang ramah lingkungan. Di antar keteduhan pohon-pohon, kami pun menggelar terpal, tikar, dan spanduk-spanduk besar sebagai alas duduk.

Acara dibuka dengan doa dan sambutan 3 menit oleh bu Ida. Pesannya singkat: bersenang-senanglah dan lupakan segala pekerjaan!

Berbagai permainan yang dilombakan pun dimulai. Bu Veni dan bu Ditha memandu acara permainan ini dengan ceria, dan para peserta pun tak kalah semangat mengikuti komando-komando dari mereka. Ada lomba yang interaktif dengan peserta yang menonton dan ada pula tebak lagu yang diselingi oleh aksi peserta menyanyikan lagu-lagu dari berbagai masa dan aliran. Salah satu lomba yang juga seru adalah lomba tahan tawa di mana peserta harus memasang wajah datar tanpa ekspresi saat godaan untuk tertawa datang dari segala arah. Sepertinya ketiga pemenang lomba ini sangat berbakat dalam berakting.

Berbagai permainan seru ini diselingi dengan penarikan nomor door prize. Masing-masing peserta piknik mendapat sedikitnya 1 hadiah untuk dibawa pulang, dari lampu emergency yang sangat bermanfaat sampai dengan sekedar mason jar.

Food brings people closer.Tentunya kurang afdal kalau acara kumpul-kumpul seperti ini tidak ditemani oleh pengisi perut yang menggugah selera. Berbagai jenis makanan dan minuman enak hasil potluck kami semua pun berjejer di atas tikar-tikar. Tak sedikit yang berupaya memasak sendiri makanan yang dibawa untuk disantap bersama teman-teman. Bahkan ada pula yang hanya menyumbangkan makanan walaupun tidak bisa ikut berpiknik karena ada keperluan yang lebih penting.

Suasana kebersamaan yang hangat terasa sepanjang piknik kami. Tawa riang dan canda jenaka terlempar dari sana sini. Beberapa berkomentar agar kami harus lebih sering lagi berpiknik seperti ini. Ya, tentu saja. Dengan keceriaan tentunya jiwa kita menjadi lebih ternutrisi sehingga lebih bisa menyikapi hidup dengan lebih positif dan berimbas kepada semangat untuk bekerja dan memberikan yang terbaik untuk sekitar kita.

Mengakhiri piknik ceria ini, operasi semut pun dilaksanakan. Tentunya kami tidak ingin membiarkan taman ini ternoda keindahannya dengan meninggalkan sampah bertebaran. Clean as you go, seperti yang tertulis di meja-meja di kantin sekolah. Dan sekitar jam 12 siang itu, kami pun meninggalkan KRB dengan perasaan sukacita.  

See you all at the next picnic! (Evi Sofiawati)


Share :