Sakura Science Japan Trip

07:56:47, 25 November 2019 Muhamad Chori Zikrin

Day 1 - 10 November 2019

Pada tanggal 10 November tepatnya pada jam 8.10, kami tiba di Kansai airport, Jepang. Kami semua sangatlah gembira dan tidak sabar akan hal yang menunggu kami beberapa hari kedepan ini. Baru saja selesai mengambil barang-barang, kami bertemu dengan Tim Vietnam yang juga terlihat ceria pada kasat mata. Disitu kami diarahkan tentang apa yang akan kami lakukan di beberapa jam selanjutnya, dan langsung memulai perjalanan kami ke “Kansai Airport SPA hotel Garden Place”. Setelah menaruh barang-barang bawaan, kami diberi waktu bebas sekitar 7 jam untuk menjelajahi tempat sekitar dengan mandiri. Jadi kami memutuskan untuk pergi ke Kota Namba dengan ditemani salah satu almuni madania dengan menggunakan MRT. Sesampai disana kami mencari restoran yang menyajikan makanan halal, setelah makan kami menghabiskan waktu untuk berbelanja di tempat sekitar yang berbentuk pasar. Tempat itu sangat ramai dengan pengunjung yang juga memilki tujuan yang sama dengan kami, yaitu untuk mencari barang-barang unik. Dan setelah melakukan banyak pembelanjaan kamipun pulang kembali ke hotel tersebut, dan makan malam disana tepat pada pukul 19:00. Dan setelah itu kami tidur.

Day 2 - 11 November 2019

Di pagi hari kami bangun dan melanjutkan perjalanan kami ke RIKEN SPring 8 Center. Perjalanan ini ke tempat itu memakan waktu yang banyak karena lumayan jauh. Setiba disana saya kagum dengan tempat itu yang merupakan tempat riset, menggunakan banyak sinar x dan lain-lain. Tempat ini sangatlah besar dan luas terdiri dari beberpa gedung. Tempat dimana kami belajar adalah di gedung yang melingkar dan besar. Tujuan besar mereka adalah untuk mempertahankan operasi yang stabil dan andal dari fasilitas penelitian berskala besar Spring-8 dan SACLA, dan juga untuk memberikan sinar-X yang cemerlang untuk berbagai peneliti dari universitas, penelitian lembaga, dan industri. Sehabis dari tempat itu kami pergi ke kota Himeji yang sangat indah. Disana kami makan dan menginap di “Hotel Crown Hills Himeji”, yang kebetulan dekat dengan stasiun kereta yang ramai dan menyenangkan.

Day 3 - 12 November 2019

Setelah sarapan, kami berangkat menuju Hyogo Prefectural Institute of Public Health Service. Disana, kami dijelaskan mengenai fungsi dan hal-hal yang dilakukan oleh institusi tersebut. Setelah itu, kami mengunjungi Kobe Animal Kingdom, sebuah kebun binatang di daerah Port Island, Kobe. Binatang yang ada disana sangatlah beragam, mulai dari hewan-hewan Asia seperti panda merah hingga hewan-hewan Afrika seperti kuda nil. Sebelum menuju daerah Wakayama untuk menginap, kami mengunjungi Riken BDR, sebuah institusi penelitian bidang biologi. Perjalanan kami menuju hotel ditemani oleh bulan purnama dan langit yang hampir bebas dari awan.

Day 4- 13 November 2019

Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, pada hari ini kami menggunakan taksi sebagai mode transportasi kami. Sesampainya kami di SMA Hidaka, kami disambut oleh para guru. Setelah itu, kami melaksanakan eksperimen mengenai modifikasi DNA. Dalam eksperimen tersebut, kami memodifikasi DNA dari bakteri E. coli menggunakan "Pre-set Plasmid" dan metode "Heat Shock". Pada sore hari, kami mengikuti kegiatan excul sekolah berupa excul Koto (alat musik tradisional Jepang) dan excul musik modern. Begitu selesai, kami pulang menuju hotel. Sebelum tidur, kami berbincang dan bermain bersama kelompok Vietnam di kamar mereka.

Day 5 - Kamis, 14 November 2019

Hari ini hari terakhir kami beraktivitas di program Sakura Science. Setelah bersiap-siap, kami berangkat dari hotel jam 8:10 menuju Hidaka High School. Di pagi hari, kami mengikuti kegiatan kelas selayaknya murid biasa. Perbedaan antara keseharian sekolah Indonesia dan Jepang sangatlah menarik, dan kami harus menyesuaikan diri dengan tradisi-tradisi mereka. Kami mendengarkan sebuah presentasi dari ahli mengenai Genetic Engineering, dimana kami belajar tentang kloning hewan dan manfaat-manfaatnya. Setelah presentasi tersebut, kami diarahkan oleh murid Hidaka ke gedung olahraga mereka, dimana akan ada upacara penyambutan untuk murid-murid dari Indonesia, Vietnam dan juga sekelompok murid dari Taiwan yang baru hadir. Kami berlima, bersama tim Vietnam dan Taiwan, naik ke panggung. Satu murid merepresentasikan sekolah dan negerinya dalam sebuah pidato singkat, dimana Tim Indonesia diwakilkan oleh Weldon (11). Rangkaian acara ini diikuti oleh beberapa penampilan, seperti paduan suara, piano solo, dan modern dance. Usainya upacara penyambutan, kami semua kembali ke kelas untuk makan siang dan membakar ubi sebagai snack hangat di musim dingin. Setelah bersenang-senang dan berbincang dengan murid-murid Hidaka, mereka menyelenggarakan acara perpisahan. Kita semua bermain permainan seperti bingo dan estafet, sambil mengobrol dan memakan permen-permen yang disediakan. Hari kamis ini diakhiri dengan sesi foto dan perpisahan. Kami kembali ke hotel dengan hati yang senang dan sedih sekaligus.

Day 6 - Jumat, 15 November 2019

Di pagi hari yang dingin, jam 7 lebih tepatnya, kami berangkat menuju Kansai International Airport. Penerbangan kami menuju Indonesia dijadwalkan di jam 10:50. Kami mengisi waktu luang sebelum boarding untuk belanja aneka ragam buah tangan untuk teman-teman dan keluarga. Penerbangan kami memakan waktu kurang lebih 7 jam, diikuti oleh transit di Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Akhirnya, kami sampai di Jakarta pada pukul 9:30 malam.