Tepat Memilih Jurusan

19:07:42, 11 November 2017 Himawari

Memilih jurusan bukanlah hal yang mudah apa lagi dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menyediakan berbagai jurusan, begitu pula dengan perguruan tinggi di luar negeri. Pilihan perguruan itu juga yang membuat siswa menjadi galau dalam pemilihan jurusan.

Salah satu penyebab tingginya angka “Pengangguran Akademik” di Indonesia adalah ketidaksiapan lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan dan tuntutan di dunia kerja. Salah satu faktor penyebabnya adalah mahasiswa salah dalam mengambil keputusan saat mereka memilih program studi yang tidak sesuai bakat dan minatnya, makanya kita harus berhati-hati dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Banyak mahasiswa yang bingung ketika lulus kuliah, umumnya mereka mengaku telah salah mengambil program studi atau jurusan, merasa tidak bermanfaat menimba ilmu dan sebagainya. Pada akhirnya tidak dapat pekerjaan layak sesuai disiplin ilmu yang mereka tekuni di perguruan tinggi.

Dampak dari salah pilih jurusan bisa sangat merugikan karena akan sangat mempengaruhi motivasi belajar kita dan kemudian berpengaruh pada prestasi akademik. Apabila telah salah dalam memilih jurusan, bukan tidak mungkin nantinya gagal menyelesaikan perkuliahan hingga akhirnya drop out alias DO. Akibatnya, kita akan mendapatkan banyak kerugian, diantaranya rugi biaya, waktu, dan kesempatan dalam mengembangkan bakat yang seharusnya dapat dioptimalkan. Maka dari itu kita harus benar-benar teliti dalam memilih jurusan yang akan kita pelajari sesuai dengan kemampuan (bakat dan minat) serta kepribadian yang kita miliki.

Sekolah Madania telah menyusun program peminatan untuk mengantisipasi terjadinya salah pilih jurusan. Oleh karena itu, diadakan rangkaian peminatan yang sudah diberikan sejak kelas 9 untuk pemilihan jurusan di SMA, hingga peminatan di kelas 12 untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Seyogyanya murid Sekolah Madania dapat mengikuti seluruh rangkaian peminatan yang bertujuan mengarahkan alternatif perencanaan karir siswa secara tepat sesuai dengan minat dan bakatnya. Peran konselor dan University Center di sekolah pun sangat terbuka untuk melayani murid yang ingin berkonsultasi mengenai karir mereka sejak dini. So…. Jangan sungkan untuk mendatangi konselor kalian ya J (Pipit Andayani)


Share :