Tunjukkan Pada Dunia Bahwa Remaja Punya Andil yang Baik

09:01:43, 09 Januari 2018 Himawari

Halo Sobat Muda! Minggu ini kita akan membahas mengenai diri kalian sebagai remaja dan kegiatan-kegiatan apa saja sih yang membuat kalian menjadi remaja yang positif? Sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu  membahas mengenai siapa sih remaja itu? Secara teori dari beberapa ahli psikologi menyatakan bahwa remaja merupakan masa peralihan antara anak-anak dan masa dewasa antara umur 11 tahun sampai 21 tahun (https://id.wikipedia.org/wiki/Remaja). Nah! Sobat Muda, masa remaja inilah yang menjadi titik seorang anak manusia yang bertemu dengan hal-hal yang baru dijumpai dan dirasakan berbeda saat dia masa kanak-kanak. Seringkali stigma atau labeling masyarakat atau orang dewasa bahwa remaja itu identik dengan kenakalan. Pokoknya hal-hal yang mengarah kenakalan pasti dirasakan atau disebabkan oleh remaja. Padahal  kenyataannya, masih banyak kok remaja yang tidak mengikuti hal-hal negatif dan bisa menjalani kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan positif bagi perkembangan remaja tersebut. Nah! Bagi kalian yang masih mencari-cari kegiatan yang positif bagi dirimu, berikut ada beberapa kegiatan-kegiatan yang bisa kita sharing bersama. C’mon!

  1.     Olahraga, bagi kalian sebagai remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan iya olahraga merupakan kegiatan yang sangat disarankan buat kalian. Saat ini banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu ikuti misalnya sepak bola, futsal, baseball, renang, berkuda, golf, dan olahraga lainnya baik indoor maupun outdoor. Kalau sekiranya kamu merasa berat untuk melakukan olahraga di atas, kalian bisa kok olahraga yang ringan seperti halnya lari, jogging, atau olah tubuh (push up, sit up, pull up). Tubuh yang sehat diiringi kebiasaan hidup yang baik membuat perkembangan dirimu sebagai remaja menjadi positif dan berkualitas.
  2.     Bela diri, jangan salah perlu lho seusiamu ikut dalam kegiatan bela diri. Banyak jenis bela diri seperti silat, taekwondo, kungfu, judo, dan yang lainnya. Tujuannya bukan untuk kamu merasa jago dan keren tetapi untuk seni pertahanan diri kamu dan belajar mengendalikan diri termasuk emosi.
  3.     Bermusik, kegiatan ini juga bermanfaat bagi kamu yang memang senang dan jago dalam hal musik. Kamu dan teman- temanmu yang memang pada jago dalam bermusik, cobalah untuk selalu latihan band dan sudah punya cita-cita untuk berkarir di bidang musik. Hal ini bisa menjadi tempat kamu untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan kamu dalam bermusik. Tetapi ingat! Bukan berarti dalam bermusik kamu punya kebebasan dalam segi apapun. Kamu yang sudah mempunyai cita-cita dalam bermusik perlu sekali menerapkan attitude dalam kehidupan sehari-hari. Attitude yang kamu tunjukkan mencerminkan diri kamu sebagai (calon) musisi yang bisa respect kepada siapa pun dan di mana pun.
  4.     Ikut Komunitas atau relawan, Nah! Bicara tentang komunitas, saat ini banyak sekali jenis komunitas mulai dari sesama penyuka benda atau makhluk hidup (misal hewan peliharaan, robotic, kopi, dan yang lainnya) sampai komunitas yang sifatnya sosial. Buat kamu sebagi remaja, ikut komunitas bisa memberikan kamu teman baru, suasana baru selain di rumah dan sekolah, dan yang pastinya tempat belajar kamu dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Tergabung dalam komunitas atau menjadi relawan mendukung kamu menjadi pribadi yang peduli dan respect terhadap sesama tanpa memandang berdasarkan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa mendorong kamu menjadi remaja yang positif dan berkualitas. Remaja yang positif dan berkualitas akan menjadi role model bagi remaja lainnya dalam melakukan aktivitas di kehidupan sehari-hari. Sebarkan energi-energi positif di setiap penjuru bumi ini, Hey kalian Anak Muda! Tunjukkan pada dunia bahwa remaja punya andil yang baik dalam kehidupan ini. Merdeka! (Arip Nazarudin)

 

 


Share :